Sabtu, 09 Maret 2013

PEMBELAJARAN KESENIAN

DEFINISI KESENIAN
   Kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lain. Misalnya, mitos berfungsi menentukan norma untuk perilaku yang teratur serta meneruskan adat dan nilai-nilai kebudayaan. Secara umum, kesenian dapat mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat.
  Berikut ini adalah pengertian dan definisi kesenian menurut beberapa ahli :
# KOTTAK : seni sebagai kualitas, hasil ekspresi, atau alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis

# J.J HOGMAN : Kesenian adalah sesuatu yang mempunyai unsur ideas, activities, dan artifacts
# KUNTJARANINGRAT : Kesenian adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

# WILLIAM A. HAVILAND : Kesenian adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu
         Diambil dari kata Seni yang berarti Proses dari manusia (menciptakan) atau intisari ekspresi dari kreativitas yang mengandung unsur keindahan dan keelokan, Orang yang menciptakan sebuah kreativitas seni disebut Seniman. Seni memang tidak bisa diukur dengan parameter karena seni sulit untuk dijelaskan dan sulit dinilai, karena manusia memiliki penilaian tentang seni itu sendiri dan Seni juga bisa dikatakan proses atau produk dari memilih medium dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium tersebut.
     Jadi Definisi atau Pengertian Kesenian adalah Bagian dari kebudayaan yang ada hubungannya dengan unsur keindahan dan Keelokan, Unsur itu adanya dalam batin dipikiran manusia yang termasuk unsur keindahan itu dan Bisa juga 
 Definisi Menurut Bahasa Inggris dan Belanda.
          Dalam Bahasa Inggris seni sama dengat Zenith yang artinya asyik, sedangkan dalam Bahasa Belanda  dikatakan Zenue dapat diartikan  sintingJadi kesenian itu dalam bahasa Inggris adalah hal ikhwal yang membuat sesorang  menjadi asyik  dan riang gembira. Tetapi kalau diambil dari bahasa Belanda bahwa kesenian itu adalah sesuatu yang membuat seseorang menjadi sinting atau senewen, atau mabuk.
Pengertian SeniDefinisi Seni. Jika ditinjau dari berbagai sudut pandang, seni memiliki banyak makna, salah satunya yaitu Seni merupakan pengekspresian cita rasa yang diluapkan dalam satu karya yang dapat dikatakan unik. Untuk lebih lanjut memahami tentang Definisi Seni, berikut ini akan di bahas Pengertian Seni, Cabang-cabang seni serta macam-macamnya.
Seni merupakan sinonim dari ilmu, karna seni pada mulanya adalah proses dari manusia. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia.
 Definisi atau Pengertian Kesenian adalah Proses penciptaan unsur-unsur yang membuat hati senang, puas buat melengkapi sisi bathin kehidupan manuasia.

  PRINSIP PEMBELAJARAN KESENIAN & KETERAMPILAN
Prinsip Pembelajaran Kesenian Dan Ketrampilan Di SD Adalah :
1.Menarik bagi anak
2.Kreativitas
3.Kepraktisan (Pemanfaatan potensi alamiah dan atau muatan local yang dapat digunakan sumber gagasan atau tema dalam pengembangan materi).
4.Relevan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar